Cute Bow Tie Hearts Blinking Blue and Pink Pointer

Thursday 12 February 2015

(Updated) MUST READ!! Pengalaman Tak Terlupakan, Penipu Upgraded! Berkedok M-Kios!

Hiii, I'm Sonya!
Pemilik dari blog ini~

Ini pertama kalinya saya pakai bahasa Indonesia dalam post di blog ini..
(biasa pakai Bahasa Inggris kalang kabut, maklumin yaa~)
Karena ceritanya panjang dan terjadi di Indonesia,
lebih enak kalau ceritanya pakai bahasa Indonesia..

Kali ini, saya mau sharing tentang pengalaman yang baru saja terjadi
pada hari ini, Tanggal 12 Februari 2015~
*Ini akan menjadi tanggal yang tak terlupakan bagi saya*

Saya telah ditipu dengan penipuan berkedok Hadiah dari M-Kios!!
*sudah lama ga post di blog, pertama kali post di tahun ini malah berita yang mengejutkan!!*

Ini dia link websitenya~
http://www.pulsamkios.com/
*WARNING!! PENIPUAN!*


Saya rasa cerita ini akan sangat berguna dan memang kasus ini sering ditemukan di sekitar kita..
Saya akan menceritakan secara lengkap kronologisnya..

Okay, begini ceritanya..
Pagi tadi, saya mendapat sms yang bertuliskan bahwa saya menjadi pemenang dari event
"Pesta Isi Ulang M-KIOS 2015"


Karena penasaran, saya kemudian mengakses situs yang dilampirkan..


Setelah dicek, ternyata kode yg diberikan memang benar menjadi pemenang ke-2
dengan hadiah cek sebesar Rp 100.000.000,-
(kalau hitung nolnya ada 8 buah kan lumayan jg *pikir saya*)

Saya sih sebenarnya sangat ragu dan curiga..
Tapi karena saya sifatnya iseng dan ingin tahu,
saya mencoba menghubungi nomor hotline yang ada di webnya..

Dan disinilah tertera nama Ir. H. Rizal Hermawan,
yang dalam webnya tertulis menjabat sebagai KABAG Konfirmasi M-Kios.
Penipu ini memasang foto seorang Bapak yg entah siapa di website-nya
dan mengaku sebagai Bapak Ir. H. Rizal Hermawan~
*maaf jika terdapat kesamaan nama, mungkin hanya kebetulan sama*

Di telepon, orang ini ngomongnya sangat meyakinkan..
*meski saya masih sangat ragu*
Saya hanya menanyakan dan bermaksud mengkonfirmasi apakah hal tersebut benar..
Bapak ini sih bilang memang benar, dan
mereka telah bekerja sama dengan polisi, KPK, Bank BI, dll
(kedengarannya memang benar, dan pas dilihat di websitenya memang ada gambar-gambarnya,
juga ada gambar testimoni dari pemenang segala gitu)
*hanya gambar saja ya, tidak ada link dan lain-lain*

Kemudian dia menyuruh saya untuk mengikuti step-step yang ada..
Orang ini ngomongnya sangat cepat, dan terkesan buru-buru.
*Mungkin dia ingin membuat kita kebingungan dan terus mengikuti arahannya..
(seperti hipnotis, mungkin?)

Setelah itu, dia meminta saya untuk mengirimkan data saya
dan nomor rekening saya untuk memproses hadiahnya.
Kemudian...
Dia meminta saya untuk mengirimkan pulsa elektronik dari M-Kios sebanyak 3 kali Rp 100.000
dengan total Rp 300.000,- untuk ke proses selanjutnya..
Tapi saya tidak mengirimnya dari M-Kios *karena tidak mau repot*,
saya langsung lewat salah satu layanan internet banking, dan
mengirim pulsa sebesar Rp 300.000,- dengan kondisi masih menelepon orangnya.
*telepon masih nyambung*

Karena saya agak percaya dan dengan kata-katanya,
saya juga ikuti saja arahannya..
Kemudian, dia bilang kalau dia sudah mengkonfirmasi pihak dari
Bank Indonesia yang bertanggung jawab mengurusi pemenang dari event tersebut..

Dia menyuruh saya untuk mengkonfirmasi / menghubungi orang tersebut.
Yang bernama
Bpk. Fajar Cahya
No. HP : 0853 5327 5555
No. Rek BRI 3229 01 013730 53 4
(katanya kode wilayah 002 - BRI cab. Jakarta)
*ini data yang saya peroleh, kenapa bisa sampai tahu nomor rekeningnya?
simak ceritanya..*
Dia minta agar saya mengikuti segala arahan orang itu untuk mempercepat proses pencairan hadiahnya.

Saya pun menghubungi Bpk. Fajar Cahya,
saat berbicara dengan dia,
bahasanya benar-benar sopan *kedengarannya*
dan kelihatan seperti petugas bank yang sebenarnya..
*mungkin teksnya sudah disiapkan*
Kemudian dia bilang bahwa sudah ada titipan cek pemenang dan konfirmasi dari PT M-Kios..
Dia meminta kembali data dan nomor rekening saya untuk mengisi data yang ada..
Setelah saya kirim data melalui sms, dan menghubungi dia kembali,
dia menyebutkan data saya dan terdengar seperti mengetik data tersebut.

Satu lagi, ia bilang hal ini harus saya rahasiakan dari siapapun..
Karena takut jika ketahuan pihak lain,
pihak tersebut dapat mengklaim hadiahnya atas nama saya..
Katanya kalau misalnya hal ini ketahuan oleh pihak pemerintah
*waktu itu dia bilang EKODA , katanya sih Ekonomi Daerah*,
hadiah tersebut akan dipotong sebesar 75%.
"Ga mau kan?" katanya.
Dia bilang hal ini baru boleh disebarkan setelah uang hadiah tersebut telah masuk rekening saya,
karena kataya berita ini akan disiarkan di ANTV pukul 23an WIB
Pada Tanggal 12 Februari 2015..
*Bodohnya saya juga agak percaya~~ Fiuh!*

Dan inilah yang paling mengesalkan..
Dia bilang karena hadiah ceknya dan pengesahan hadiahnya berlokasi di Bank BI Jakarta,
untuk mewakilkan saya yang ga hadir di sana,
jadi saya harus melunasi biaya admin sebesar Rp 5.500.000!!!!!!!!!!!
*Omaigat!! Datang darimana segepok uang begitu~*
Dia memberi saya nomor rekening untuk transfer uang tersebut.
(inilah kenapa saya bisa tahu nomor rekeningnya)
Saya jadi curiga lagi, masa mau kasih hadiah malah kita yang harus bayar??
Trus saya bilang aja deh, kalau saya tidak punya uang sebanyak itu..

Kata dia ini bersifat sementara, karena setelah hadiah tersebut dikirimkan,
seluruh uang yang sudah saya kirim sebagai biaya ini-itu akan dikembalikan bersama-sama dengan hadiah tunai tersebut..
jadi dia minta saya untuk mengusahakannya~
Trus saya bilang coba saya tanya-tanya dulu..
Dia tanya balik, berapa lama..
Saya bilang mungkin sekitar 1 jam saya kabari lagi..
*kalau dipikir-pikir lagi rasanya kok bego banget ya saya*
Dia mendesak untuk segera melunasinya dengan alasan nasabah lain masih menunggu..
Dia tidak bisa menunggu saya lama-lama..

Jadi saya menutup telpon,
dan menceritakan hal ini pada pacar saya yang orangnya lebih bijak..

Pacar saya meneliti situs web tersebut..
Ia melihat bahwa pemenang harus mentransfer sejumlah pulsa kepada pihak M-Kios.
Pacar saya langsung curiga dan meyakinkan saya bahwa ini penipuan..
Ia bilang kalau pulsa tersebut akan mereka gunakan untuk menipu dan menelepon orang lainnya..
Saya langsung nyerah dan lesu..
Dan bilang ke pacar saya bahwa saya akan membatalkannya..

Kemudian Bpk Fajar Cahya kembali menghubungi saya
karena merasa sudah cukup lama saya memutuskan teleponnya tadi..
Saya bilang bahwa saya tidak memiliki cukup dana untuk melunasi adminnya..
Kemudian saya bilang bahwa saya juga takut mau pinjam uang dengan orang,
jika semua benar-benar penipuan saya akan berat melunasi hutang tersebut..

Tiba-tiba, orang ini langsung nyolot..
Nada bicara yang awalnya lembut tiba-tiba jadi tinggi..
Dia merasa tersinggung karena merasa saya menuduh dia sebagai penipu..
Dia bilang: "kalau misalnya bohong kan bisa lapor ke polisi,
kamu juga sudah punya nomor rekening saya kan?!
Bisa dicek!",
Saya mencoba untuk tetap tenang *walaupun agak takut*

Dia menawarkan apakah dananya kurang sedikit atau banyak, karena dia bisa membantunya..
Kemudian saya bilang batalkan saja hadiahnya..
*karena saya mulai curiga lagi*
Dia minta konfirmasi tegas bahwa ingin dibatalkan atau bagaimana?

Kemudian, saya kembali menghubungi orang yang ngakunya bernama Ir. H. Rizal Hermawan dan meminta konfirmasi bahwa Pak "FC" meminta transfer uang tunai..
Kemudian dia bilang turuti saja, tapi saya bilang saya tidak mampu untuk melunasinya..
saya juga bilang kalau takut ini penipuan..
Dia kembali meyakinkan saya bahwa ini adalah benar..
*benar-benar penipuan keles~~*
Kemudian dia bilang dia ingin memastikan hal tersebut dan meminta saya untuk menelepon 15 menit lagi..

15 menit kemudian...

Saya menelepon orang yang ngakunya bernama "RH" ini..
Ia bilang kalau pihak bank akan membantu..
TAPI, *ada tapiiiiii lagi*
saya harus kembali mentransfer pulsa sebesar Rp 300.000,- untuk biaya tersebut dan dana akan segera dicairkan kira-kira 2 menit setelah pulsa ditransfer..
Dia minta agar setelah mentransfer saya langsung dapat mengecek di ATM bahwa tunai tersebut telah masuk..
dan saya pun *dengan bodohnya* mentransfer lewat internet banking..

Setelah pulsa masuk, dan saya menghubungi orangnya,
dia baru bilang ternyata TIDAK BISA/BERLAKU dengan menggunakan internet banking!!!
Katanya harus lewat M-Kios karena akan ada kode reservasinya..
*emangnya restoran pake reservasi*
Dia kembali meminta saya untuk mengirim pulsa via M-Kios
sebanyak 3 kali Rp 100.000!!
*bodohnya, saya juga kirim*

Kemudian dia minta saya untuk segera mengecek di ATM yang ada...
*kebetulan di dekat kios jualan pulsa ada Bank XXX dan saya pun ke sana*

Disinilah terjadi hal yang benar-benar janggal..
*Bagi sebagian orang, mungkin ini sudah dibilang hipnotis, harus hati-hati ya, guys!*
Dia meminta saya untuk mengikuti apapun yang dia katakan..
Katanya, mereka akan langsung melakukan proses penggabungan saldo dari ATM..
*saya masih sadar 100% (cuma agak bodoh gitu) dan
menyuruh diri saya untuk waspada bahwa ini adalah proses HIPNOTIS!!*

Pertama, dia minta saya untuk mengecek dan membacakan saldo saya..
Setelah itu, saya disuruh untuk mengulang proses memasukkan kartu ATM saya,
kemudian.. dia meminta saya memasukkan dan menyebutkan tapi suaranya kecil (membisikkan) kode pin ATM saya kepada dia!!
Saya langsung bilang, kalau saya tidak akan menyebutkan pin tersebut karena rahasia!!
*untung ga ngikutin~*
Terus dia langsung lanjut dan menyuruh saya untuk menekan menu TRANSFER!!
Disini saya langsung STOP dan langsung menarik kartu ATM saya dan menutup teleponnya!!

*Saya sudah tahu cara kerjanya, karena ia menyuruh kita untuk mengikuti segala arahannya..
dan tanpa kita sadari, kita akan mentransfer seluruh isi saldo kita pada PENIPU ITUU!!
Dan nantinya hadiah kita tidak akan ditrasnfer sepeserpun,
kemudian kita baru sadar bahwa seluruh saldo kita tertransfer ke PENIPU!!*

Kemudian, saya berdoa..
"Jika memang ini sebuah penipuan, ikhlaskan lah saya ya Bapa..
Jika memang ini beneran, maka saya telah menolak rejeki ini,
gapapa lah yang penting lain kali saya bisa dapat rejeki halal.."
*Kata orang "Rejeki ga bakal kemana, kan?"*

Dia masih berani menelepon..
Ketika saya angkat, dia bilang untuk menelepon kembali..
tapi saya bilang, "Bapak yang perlu kok saya yang harus menelepon??"
Langsung deh dia matikan..

Beberapa kali dia menelepon, namun ketika saya angkat, langsung dimatikan!

Saya menceritakan semua ini,
agar orang lain lebih berhati-hati dan tidak terkena kasus yang sama..

Saya memang merasa sangat dirugikan,
bayangkan saya, jumlah uang tersebut termasuk lumayan..
Dan saya menghabiskannya secara sia-sia!!

Saya ingin mengingatkan bahwa
"Benar-benar lihai penipu zaman sekarang dalam melakukan tindak kriminalnya!"
Mereka berusaha meyakinkan kita dengan segala cara!
*Padahal saya orang yang sangat susah diyakinkan sebenarnya.*

Guys, saya udah ngalamin hal seperti ini..
Jangan sampai hal ini juga terjadi ke kalian, keluarga, bahkan kerabat kalian sekalipun.
Saya sharing disini untuk menjelaskan kronologis kejadian ini secara detail..

Saya sudah mengecek ke Bank BI Pontianak,
mereka bilang tidak bekerja sama dengan PT M-Kios dan
mengatakan kepada saya mungkin hal ini adalah penipuan.

Saya juga sudah mengecek ke nomor PT Telekomunikasi seperti yang ada pada webnya..
*di google mapsnya*
Peta di sebelah kanan ini dapat di klik pada websitenya..
Nomor yang tertera memang nomor PT Telekomunikasi, namun divisi lain,
operator divisi ini bilang coba hubungi bagian enterprise karena dia kurang tahu..
Saya coba hubungi berkali-kali divisi enterprise yang dimaksud,
memang masuk/nyambung, tapi tidak diangkat oleh operatornya.

Kemudian saya juga ada googling nama "Ir. H. Rizal Hermawan"
Dan ajaibnya, ternyata nama ini banyak ditemukan di mesin pencari sebagai :
PENIPU BERKEDOK HADIAH PT M-KIOS!!!!
*Luar biasa bodohnya saya baru cari setelah kejadian!!*

Hasil dari mesin pencari dari nama Ir. H. Rizal Hermawan..
Omaigaaaaat!!!
Ternyata udah banyak yang ngalamin..
Coba aja sebelumnya saya ngecek dulu di google~~
Tapi penyesalan memang selalu datang terlambat..

Anehnya lagi, ketika orang yang mengaku bernama Ir. H. Rizal Hermawan ini menghubungi kita,
setelah sambungan terputus akan muncul message box seperti ini di HP kita..
Bayangkan saja, bahkan hal kecil seperti inilah yang membuat saya bingung!
Penipu ini dapat membuat tampilan dialog box setelah panggilan selesai!
Sudah upgrade bukan penipu ini?!
Dengan ini saya bisa belajar, janganlah jadi orang ISENG!!
Karena kasus ini memang berasal dari rasa ISENG saya,
tetapi pada akhirnya ISENG malah membawa PETAKA!!
Sekali kita iseng menelpon mereka,
kita dapat terjebak lebih jauh dalam proses penipuan mereka..
Saya ingatkan lagi : MEREKA SANGAT PANDAI MEMAINKAN PSIKIS KITA!!

Bisa saja saat itu saya meminjam uang untuk melunasi biaya admin yang diminta,
dan sekarang saya mungkin akan KERJA RODI,
ga makan ga minum untuk melunasi hutang tersebut!
*untung tidak sampai ke arah sana*

Selain itu, nilai plus yang bisa ambil adalah
Saya bisa mengungkap keseluruhan detail penipuan ini sampai proses terakhir..
*Walaupun hampir saja ludes semua isi saldo saya, jika saya benar2 kelewat bego*

Guys..
Banyak yang bilang,
"Butuh suatu pengorbanan dalam setiap pengalaman"
Mungkin ini uang yang harus saya bayarkan untuk mengingat pengalaman ini
SEUMUR HIDUP SAYA~

"Pengalaman adalah guru terbaikmu"

"Pengalaman adalah sekolah unggulan; tapi biayanya mahal." - Heinrich Heine

"Kita terus menjalani hidup di masa kini dan masa depan;
Namun pengalaman yang pernah terjadi di masa lalu
harus dijadikan sebagai panduan 
untuk mengambil keputusan yang bijaksana di masa mendatang"

Dengan ini, saya juga bisa menceritakan kepada kalian semua selengkap-lengkapnya
mengenai proses penipuan ini..
Sekali lagi, mohon hati-hati dan jangan percaya jika mendapat hal serupa seperti ini~
Semoga tidak terjadi juga pada Anda semua~
Harap di cek dulu kepastiannya sebelumnya ya, guys!
*paling bagus nanya Mbah Gugel aja yang udah banyak makan asam garam dari semua orang*

Tips dari orang terkasih saya adalah :
"Orang yang ingin memberi hadiah tidak akan mengharapkan penerimanya untuk mengirim uang;
Jika mereka memang memaksa kita untuk mengirim uang sedikitpun,
itu sudah pasti PENIPUAN!!"

Okay, that's my experience guys!
I hope u enjoy my story and
PLEASE be careful to everything seems obvious!!

Thanks for reading until finished~
I hope you enjoy my story..

And see you in my next stories!
Ba-bye!!
(gambar bersangkutan akan diupdate segera ya~)

 ~ Love, Sonya  ~

12 comments:

  1. Mbak. Aku barusan kena.. dan bodohnya saya udah kirim alamat lengkap. Bagaimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja, dia ga bakal apa-apain data kita kok, soalnya dia cm berani lewat telepon aja.. Yang penting kita harus lebih hati-hati ya kedepannya, jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah yang ga jelas.. ^ ^

      Delete
  2. Saya pagi ini juga dpt smsna
    Sma dp 100 jt
    Tp setelah liat web telkomsel dan g ad event begitu g percaya
    Dia sms tlp g tersambung padahal hp hidup terus
    No 082213598115 dng web www.graparimkios.co.vu

    ReplyDelete
  3. http://www.mkiostb.blogspot.com/p/pt.html

    ReplyDelete
  4. situs barunya...

    ReplyDelete
  5. nih gw juga dapet sms sama persis banget, gwe juga awal ragu ga percaya tapi web nya ngeyakinin banget, untungnya gwe gugel dlu dan nemu blogger sis, fweh thanks banget infonya
    lebih baik mencegah dari pada mengobati
    nih web yg di kasih ke gw
    http://pt-mkios37.blogspot.com/p/daftar-pemenang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung kamu jg ga terjebak.. senang sekali jika info ini bisa membantu~ ๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. benar hati hati dengan situs ini, pagi ini, Selasa 5 Agustus 2015 saya juga dapat sms bilang sebagai pemenang nomor 2, saya orangnya tidak begitu percaya kemudian saya cek di website, ternyata data yang saya dapat sama, Namun saya tidak diam, saya telpon kesana ke nomor 0822293997234 . Ir. H. Rizal Hermawan. seagai Ka Bag Konfirmasi. telepon diangkat dan saya mengkonfirmasikan kembali apakah ini Bpk. Ir. H. Rizal Hernawan. Lalu saya jelaskan kepada beliau. Saya mau mengecek SMS ini. kemudian Bapak H. Rizal Hermawan bilang, berapa nomor HP Ibu, saya bilang nomor saya. Kemudian beliau tanya, apakah ini nomor HP Pribadi anda. Terus dia tanya berapa nomor PIN PT. M. Kios. saya tidak langsung menjawab. Kenapa saya harus info khan. Eh. Bapak terus nadanya langsung meninggi (alias marah). Saya bilang pak. saya ini sedang mengkonfirmasi apakah benar benar sms. saya tidak sembarangan). Saya tidak begitu saja menerima infomarsi, mengapa bapak harus marah-marah bukankah bapak sebagai kepala konfirmasi artinya anda juga memberikan pelayanan sebagai customer service. Bapak itu tambah marah...bahkan mengeluarkan kata : "Anjing Lo". Lalu saya bilang , Kalau saya anjing, bapak sendiri apa ?....Langsung Telepon dimatikan. olehn Bpk, Ir. H. Rizal Hermawan. Menurut saya ini bisa saja penipuan, walaupun katanya kita harus mengunjungi atau mengecek ke website. JANGAN MUDAH PERCAYA. BERHATI-HATILAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuat website memang sangat gampang. Karena itu bila kita juga diminta untuk mengkonfirmasi ke Website yang dikatakan oleh si Pengirim SMS ataupun Berita. Kita harus tanamkan dalam diri kita sebagai Investigator/Penyelidik agar tidak terjebak dalam penipuan

      Delete
  7. saya barusan juga dapet sms kayak gitu,tp karna saya tidak mau gegabah ambil keputusan,saya browsing dulu dan alahamdulillah saya menemukan postingan mbak ini...!
    terima kasih telah berbagi pengalamannya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, sama-sama Gan, senang postingan ini bisa bermanfaat~

      Delete
  8. Pengalamannya luar biasa, cukup memberi nasihat kepada kita-kita yang masih polos

    ReplyDelete